Hukum Hooke

Jika kita menarik sebuah pegas, makan kita akan merasakan seolah-olah pegas juga menarik kita. Pernahkah kamu melalukan exerxise Tummery Trimmer seperti pada gambar?

Untuk semua pegas berlaku,

                                           F = k.Δx
Dimana F adalah gaya pegas, k adalah konstanta pegas dan Δx adalah pertambahan panjang pegas.

Jika sebuah benda diberikan gaya maka hukum Hooke hanya berlaku sepanjang daerah elastis sampai pada titik yang menunjukkan batas proporsional (batas hukum Hooke). Jika benda diberikan gaya hingga melewati batas hukum Hooke dan mencapai batas elastisitas, maka panjang benda akan kembali seperti semula jika gaya yang diberikan tidak melewati batas elastisitas. Tapi hukum Hooke tidak berlaku pada daerah antara batas hukum Hooke dan batas elastisitas.
Kurva tegangan-regangan


Jika benda diberikan gaya yang sangat besar hingga melewati batas elastisitas maka benda tersebut akan memasuki daerah plastis dan ketika gaya dihilangkan panjang benda tidak akan kembali seperti semula, benda tersebut akan berubah bentuk secara tetap. Jika pertambahan panjang mencapai titik patah, maka benda tersebut akan patah.


Sebagai latihan kerjakan LKPD berikut secara mandiri:
LKPD Hukum Hooke

Untuk lebih memahami tentang Hukum Hooke dapat di gunakan simulasi berikut:

Untuk latihan berikut ini : 

Ulangan Hukum Hooke - ProProfs
Untuk lebih jauhh belajar tentang materi maka pelajari materi berikut : materi ini
Atau bisa unduh lembar kerja ini


Share on Google Plus

About Ratnapujiwati

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar